Bisnis di Internet Tanpa Modal. Benarkah?

Ketika aku mempelajari salah satu (atau beberapa) tulisan yang mengabarkan tentang bagaimana berbisnis di internet, maka yang menarik adalah bisnis di internet itu tidak perlu modal. Namun, benarkah bisnis di internet itu tanpa modal?

Untuk menjawabnya adalah kita harus mengetahui dulu definisi dari modal dan bagaimana bisnis di internet yang dijalankan.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), modal memiliki definisi sebagai berikut:

mo·dal n 1 uang yg dipakai sbg pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dsb; harta benda (uang, barang, dsb) yg dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yg menambah kekayaan dsb: ia menanam — nya dl perusahaaan itu; 2 ki barang yg digunakan sbg dasar atau bekal untuk bekerja (berjuang dsb)” (Sumber: http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/ind…).

Jadi modal itu bisa berbentuk uang, harta benda, barang atau yang lainnya yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu atau menambah sesuatu (kekayaan, dan sebagainya). Dengan demikian, segala sesuatu yang digunakan untuk menghasilkan atau menambah (menjadi semakin banyak) sesuatu, bisa dikatakan sebagai modal.

Ketika kita berbisnis di internet, yang pertama kali atau yang mutlak diperlukan adalah media untuk tersambung ke internet. Ini menjadi modal utama. Banyak media atau jalan untuk bisa tersambung ke internet: memasang sendiri sambungan ke internet menggunakan komputer sendiri, ikut tersambung ke internet melalui jaringan di kantor, memakai sambungan internet di teman atau mampir ke warnet (warung internet). Jadi, untuk tersambung ke internetnya harus memiliki sesuatu atau sarana. Sehingga diperlukan “modal”. Minimal memiliki modal “teman” yang memiliki sambungan internet (ikut nebeng), atau kerja di kantor yang memiliki sambungan internet. Kalau tidak, ya ikut mampir ke warnet.

Kemudian, setelah itu adalah bisnis apa yang akan dilakukan: Afiliasi (Affiliate), Google Adsense, Money Game, MLM, Bisnis Pyramid atau jualan “sesuatu” secara elektronik. Jadi modal selanjutnya adalah pengetahuan atau ilmu untuk menjalankan bisnis. Dan ini (mungkin) paling mahal harganya. Namun, ya…, tergantung bisnis yang digelutinya juga….

Kemudian adalah bagaimana cara bertransaksinya. Untuk mendapatkan bayaran dari bisnis, minimal memiliki akun tabungan di BANK, kalau tidak mau memakai cara transfer memakai wesel pos (sepertinya cara ini sudah ketingalan zaman). Dan lebih canggihnya lagi memiliki akun Paypal yang mensyaratkan memiliki Kartu Kredit di Bank Tertentu.

Jadi, benarkah bisnis di internet itu (nyaris) tanpa modal? Belum tentu. Tergantung dari siapa yang memandang, tergantung cara pandang masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s